Sabtu, 17 September 2016

KLASIFIKASI SENYAWA ORGANIK

KLASIFIKASI SENYAWA ORGANIK

Hidrokarbon adalah senyawa organik yang terbuat tidak lebih dari karbon dan hidrogen. Hal ini dimungkinkan untuk berikatan dua atau tiga yang dibentuk antara atom karbon, dan bahkan untuk struktur yang  terbentuk seperti cincin. Senyawa hidrokarbon ditemukan di banyak tempat, termasuk minyak mentah dan gas alam. Senyawa hidrokarbon dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu Senyawa Karbon Alifatik dan Senyawa Karbon Aromatik. 

A.  Senyawa Karbon Alifatik
Senyawa ini memgandung sistem rantai terbuka dari atom karbon.  Rantai dapat berupa rantai lurus (tidak bercabang) atau bercabang. Senyawa rantai terbuka juga disebut senyawa alifatik.  Alifatik berasal dari bahasa Yunani aleiphar yang berarti lemak,  sebagaimana senyawa ini sebelumnya diperoleh dari lemak hewani atau nabati atau memiliki sifat seperti lemak. Hidrokarbon alifatik adalah senyawa hidrogen dan karbon yang tidak mengandung cincin benzena. Hidrokarbon alifatik cenderung mudah terbakar. Ada beberapa jenis hidrokarbon alifatik: alkana, alkena, dan alkuna. 

1. Alkana


Seluruh atom H dari alkana membentuk ikatan tunggal. Ini adalah hidrokarbon jenuh, sehingga semua karbon dalam molekul terikat hidrogen pada setiap lokasi yang tersedia. Rumus umum alkana CnH2n+2. Setiap atom karbon mempunyai empat elektron valensi yang digunakan untuk membentuk ikatan kovalen dengan atom lainnya, yang digambarkan sebagai tangan ikatan. Jadi, atom karbon pada senyawa karbon selalu mempunyai empat tanga ikatan. Pada alkane, keempat tangan tersebut bila tidak digunakan untuk mengikat atom karbon yang lain akan digunakan untuk mengikat atom hidrogen. Senyawa alkana merupakan rantai karbon yang paling sederhana.. Senyawa paling sederhana dari alkana yaitu metana. Metana hanya memiliki satu atom karbon yang mengikat empat atom H.  
Tabel berikut menyajikan data sepuluh alkana rantai lurus pertama.

Deret Homolog Alkana


2. Alkena


Alkena adalah hidrokarbon alifatik tak jenuh yang memiliki satu ikatan rangkap (C = C). Senyawa yang mempunyai dua ikatan rangkap disebut alkadiena, yang mempunyai tiga ikatan rangkap disebut alkatriena, dan seterusnya. Alkena yang khusus adalah mereka hidrokarbon tidak jenuh yang memiliki setidaknya satu ikatan rangkap. Alkena paling sederhana yaitu etena, C2H4. Rumus umum alkena C2H2n. Berikut tabel homolog Alkena. 



3. Alkuna


Alkuna termasuk dalam keluarga hidrokarbon atau senyawa yang hanya terdiri dari atom hidrogen dan karbon.Alkuna secara khusus ditandai dengan adanya ikatan rangkap tiga antara dua atom karbon. Alkuna disebut sebagai hidrokarbon tak jenuh karena karbon dalam sebuah alkuna tidak terikat dengan tiga atom hidrogen. Alkana, jenis hidrokarbon di mana atom karbon terikat pada atom hidrogen dan atom karbon lain dengan ikatan tunggal disebut sebagai senyawa jenuh karena semua ikatan elektron digunakan untuk mengikat baik karbon atau hidrogen. Rumus umum alkuna yaitu : CnH2n-2.Deret homolog alkuna sebagai berikut.


B.  Senyawa Karbon Aromatik
Hidrokarbon aromatik adalah kelas bahan kimia yang ditandai dengan memiliki struktur molekul yang disebut cincin benzena. Yang paling sederhana adalah kimiawi benzena, dan struktur hidrokarbon ini meminjamkan nama menjadi cincin benzena. Banyak hidrokarbon ini beracun, dan mereka sayangnya di antara polutan organik yang paling tersebar luas.
Benzena adalah senyawa induk dari keluarga besar senyawa organik yang dikenal sebagai senyawa aromatik. Tidak seperti sikloheksana, benzena hanya berisi enam atom hidrogen, memberikan kesan bahwa cincin itu adalah tak jenuh dan setiap atom karbon berpartisipasi dalam satu ikatan rangkap. Dua struktur yang berbeda dengan ikatan tunggal dan ganda sekitar cincin dapat ditulis kembali untuk benzena. 

Sebuah cincin benzena adalah struktur molekul yang dibuat ketika enam atom karbon terhubung satu sama lain dalam sebuah cincin terkait. Setiap atom karbon memiliki empat elektron; dua elektron bergabung dengan atom karbon tetangga, sementara salah satu pergi ke atom hidrogen. Yang keempat adalah apa yang dikenal sebagai elektron terdelokalisasi, yang berarti bahwa itu tidak terlibat langsung dengan atom tertentu. Cincin Benzena sering diambil sebagai bentuk heksagonal dengan lingkaran di tengah untuk mewakili elektron terdelokalisasi. Benzena terjadi menjadi bentuk yang sangat beracun dari hidrokarbon aromatik.

7 komentar:

  1. assalamualaikum dita, mohon jelaskan perbedaan sifat kimia dari masing masing senyawa diatas !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak atas pertanyaannya, saya akan mencoba menjawab perbedaan sifat kimia dari senyawa aromatik dan senyawa alifatik adalah alifatik berarti senyawa yang bereaksi dengan seperti alkana, alkena, alkuna atau salah satu turunannya. Senyawa aromatik adalah benzena, turunan benzena atau kadang senyawa aromatik heterosiklik.
      senyawa alifatik memiliki struktur lurus, bercabang atau siklik sedangkan senyawa aromatik berisi struktur siklik.
      Meskipun rumus kimia menunjukkan sifat yang sangat jenuh dalam senyawa aromatik, reaksi mereka bertentangan dengan molekul alifatik tak jenuh.

      Hapus
  2. assalamu'alaikum wr.wb. saya frandi mardiansyah, saya ingin menambahkan jawaban dari saudari Ditta mengenai perbedaan senyawa aromatik dan alifatik. berikut perbedaannya:
    1. alifatik berarti senyawa yang bereaksi dengan seperti alkana, alkena, alkuna atau salah satu turunannya. Senyawa aromatik adalah benzena, turunan benzena atau kadang senyawa aromatik heterosiklik.
    2. senyawa alifatik memiliki struktur lurus, bercabang atau siklik sedangkan senyawa aromatik berisi struktur siklik.
    3. Meskipun rumus kimia menunjukkan sifat yang sangat jenuh dalam senyawa aromatik, reaksi mereka bertentangan dengan molekul alifatik tak jenuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam, terima kasih atas tambahan meterinya.

      Hapus
  3. Assalammualaikum dita,disini saya ingin bertanya
    sebutkan senyawa benzena yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari?
    Wassalammualikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum Salam, terima kasih Listya atas pertanyaannya, saya akan emncoba menjawabnya, kegunaan benzena dalam kehidupan sehari-hari yaitu antara lain :
      1) Benzena digunakan sebagai pelarut.

      2) Benzena juga digunakan sebagai prekursor dalam pembuatan obat, plastik, karet buatan dan pewarna.

      3) Benzena digunakan untuk menaikkan angka oktana bensin.

      4) Benzena digunakan sebagai pelarut untuk berbagai jenis zat. Selain itu benzena juga digunakan sebagai bahan dasar membuat stirena (bahan membuat sejenis karet sintetis) dan nilon–66.

      5) Asam Salisilat

      Asam salisilat adalah nama lazim dari asam o–hidroksibenzoat. Ester dari asam salisilat dengan asam asetat digunakan sebagai obat dengan nama aspirin atau asetosal.

      6) Asam Benzoat

      Asam benzoat digunakan sebagai pengawet pada berbagai makanan olahan.

      7) Anilina

      Anilina merupakan bahan dasar untuk pembuatan zat-zat warna diazo. Reaksi anilina dengan asam nitrit akan menghasilkan garam diazonium, dan proses ini disebut diazotisasi.

      8). Toluena

      Kegunaan toluena yang penting adalah sebagai pelarut dan sebagai bahan baku pembuatan zat peledak trinitrotoluena (TNT).

      7) Stirena

      Jika stirena mengalami polimerisasi akan terbentuk polistirena, suatu jenis plastik yang banyak digunakan untuk membuat insulator listrik, bonekaboneka, sol sepatu, serta piring dan cangkir.

      8) Benzaldehida

      Benzaldehida digunakan sebagai zat pengawet serta sebagai bahan baku pembuatan parfum karena memiliki bau yang sedap.

      9) Natrium Benzoat

      Seperti asam benzoat, natrium benzoat juga digunakan sebagai bahan pengawet makanan dalam kaleng.

      10) Fenol

      Fenol (fenil alkohol) dalam kehidupan sehari-hari lebih dikenal dengan nama karbol atau lisol, dan dipergunakan sebagai zat disinfektan (pembunuh bakteri) karena dapat menyebabkan denaturasi protein.

      Hapus
  4. Assalammualaikum dita,disini saya ingin bertanya
    sebutkan senyawa benzena yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari?
    Wassalammualikum

    BalasHapus